Mengapa Si Kecil Susah Makan?

9:44 AM
Mengapa Si Kecil Susah Makan? - Siapa sih yang nggak ingin punya anak sehat? Nah, salah satu cara membuat anak sehat adalah dengan memberikan makanan dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Tapi ada kalanya anakmu sulit sekali menghabiskan makanannya. Jangan panik dulu, Bu! Kamu harus cari dahulu penyebab yang membuat anakmu sulit makan. Inilah beberapa penyebab mengapa anakmu susah makan!



Perubahan Pola Makan Anak

Sebelum kamu mencari penyebab anakmu susah menghabiskan makanannya, ada baiknya kamu tahu bahwa ternyata dalam proses tumbuh kembangnya, anak akan mengalami beberapa perubahan pola makan.  Dr. dr. Saptawati Bardosono dari Indonesian Nutrition Association mengatakan ada patokan-patokan dalam perubahan pola makan anak.

Usia  1-2 tahun, adalah masa transisi antara bayi dan anak. Ada penurunan kecepatan tumbuh yang dramatis, jadi si kecil tidak tertarik untuk makan.

Di akhir usia 1 tahun, si kecil sudah mulai minum sendiri dari gelasnya dan mulai makan bersama keluarga dengan porsi kecil.

Sekitar 15 bulan, anak mulai memilih makanan untuk menunjukkan kebebasan dan otonominya.

Di usia 2 tahun, si kecil sudah bisa makan sendiri dan bebas mencari makanannya sendiri.

Sebagai orangtua, kamu harus peka dengan perubahan pola makan anakmu ini, Moms. Salah satu penyebab paling utama mengapa anakmu suka "ngeyel" jika diberi makan adalah perubahan pola ini. Coba pelan-pelan memberikan variasi makanan yang berbeda sesuai dengan pola makannya. Dr. Saptawati juga mengingatkan bahwa pedoman waktu makan anak adalah rasa lapar, dan bukan mengikuti jadwal makan orang dewasa. Selain itu, anak umur 1 hingga 3 tahun membutuhkan 1200 kalori perhari.

Sakit Fisik Pada Anak

Jika kamu sudah mengikuti dan hafal dengan perubahan pola makan anak, coba perhatikan apakah si kecil sedang sakit?  Penyebab anak sulit makan biasanya karena si kecil sendiri sedang merasakan sakit atau tidak enak pada tubuhnya. Coba deh periksa mulutnya, apakah ia terkena sariawan yang membuatnya enggan mengunyah, atau sedang sakit perut sehingga tidak bernafsu makan, misalnya.

Selain itu, kamu juga harus perhatikan kegiatan si kecil selama sehari ini. Apakah ada kegiatan yang membuat si kecil lelah secara fisik? Ini juga bisa jadi penyebab dia sulit makan lho. Jika dalam kondisi yang melelahkan, anak akan cenderung menolak makanan yang kamu berikan. Jadi, coba kamu siasati jadwal si kecil agar bisa memberi asupan padanya di waktu yang tepat.

Kondisi Psikologis Anak

Dr. Saptawati mengatakan bahwa salah satu penyebab anak sulit makan adalah kondisi psikologis yang sedang dijalani dan dialami oleh si kecil. Misalnya, kamu adalah ibu bekerja yang sering ke luar rumah. Si kecil tahu bahwa jika Ia merengek karena tidak mau makan, kamu akan berada di rumah seharian untuk membujuknya makan. Nah, si kecil jadi susah jika diberi makan karena dia mau ibunya ada di rumah untuk menemaninya dan dia tahu "trik" paling jitu adalah dengan sulit makan. Karena itu, mulai sekarang coba deh kamu perhatikan kondisi psikologis si kecil ya Moms!(Ayah Bunda Nanda)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »