Gejala Awal Kehamilan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

9:01 AM
Gejala Awal Kehamilan yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Awal kehamilan apalagi baru pertama kali hamil tidak kalah rentan dan menegangkannya pada saat akan melahirkan. Awal kehamilan merupakan awal-awal tumbuhnya janin, jadi Anda harus selalu berusaha memberikan yang terbaik pada janin yang ada didalam perut. Memberikan yang terbaik salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki zat dan mineral yang baik serta banyak. Banyak sekali gejala awal kehamilan yang akan menimpa Anda, seperti serasa mual setiap pagi, bengkak-bengkak dan lain sebagainya.


Jika Anda sudah pernah melahirkan dan Anda sedang mengandung anak ke-2 atau seterusnya pasti Anda tidak akan kaget dengan hal semacam itu. Tetapi bagi sebagian ibu muda apalagi kehamilan ini merupakan kehamilan pertama pasti akan nampak syok dengan beberapa gejala kehamilan yang sering dianggap aneh bahkan ditakuti, sebenarnya hal ini wajar terjadi pada saat ibu-ibu mengalami kehamilan terutama mendekati trimester kedua atau kandungan berumur 4-6 bulan. Selain itu kadang ada yang menganggap bahwa terlambatnya periode menstruasi merupakan salah satu indikasi kehamilan, sebenarnya bukan berarti terlambat menstruasi semata-mata sedang terjadi kehamilan.

Nah, berikut ini beberapa gejala awal kehamilan yang biasa terjadi pada ibu-ibu yang sedang hamil :

Morning sickness (mual pada pagi hari) 
Hal ini sering sekali terjadi pada saat awal-awal kehamilan. Tanda-tanda terjadi morning sickness ialah mual-mual yang sering terjadi pada pagi hari selama kehamilan. Penyebabnya tidak lain karena perubahan hormonal dalam tubuh sehingga memicu bagian otak yang mengontrol mual tersebut.

Pembengkakan pada payudara
Perubahan pada payudara wanita yang sedang hamil sangatlah wajar, hal ini dikarenakan payudara mengalami perubahan untuk persiapan produksi ASI. Perubahan ini disebabkan oleh hormone estrogen dan progesterone didalam diri ibu hamil.

Lemas dan gampang lelah
Saat mengalami kehamilan pasti terkadang Anda akan mengalami rasa lemas dan lelah yang terkadang menimbulkan rasa sakit kepala (pusing) yang sangat luar biasa. Lemas dan mudah lelah ini disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah dan kadar gula darah yang rendah. Untuk itu saat-saat mengalami kehamilan sang ibu harus menjaga stamina tubuh dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Serta harus mengurangi berbagai kegiatan/aktivitas yang biasanya dilakukan saat belum mengalami kehamilan

Nah, itu tadi beberapa gejala awal kehamilan yang sering terjadi pada saat hamil. Sekali lagi, awal kehamilan sangatlah rentan mengalami kegagalan, untuk itu supaya diperhatikan selalu menjaga pola hidup sehat serta mengurangi berbagai aktivitas yang berat-berat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengetahui gejala awal kehamilan. Dengan mengetahui informasi diatas mengenai gejala kehamilan, Anda akan lebih mengerti dan berhati-hati dalam menjaga kehamilan di diri Anda sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »